Periklanan
Contct Report
diatas adalah sedikit contoh dari pembuatan contacy report.
contact report itu sendiri adalah laporan hasil pertemuan antara client dengan agency dari sebuah perusahaan iklan.
contact report sendiri berfungsi sebagai sarana mendistribusi pekerjaan dari client yg ditulis/ di buat oleh AE (Acount Executive) kemudian disampaikan pada tim kerja untuk dibuat menjadi sebuah iklan yang menarik. Juga sebagai bukti (prove) hasil kesepakatan dari pertemuan antara client dan AE dalam perencanaan pembuatan sebuah iklan.
Biasanya dari setiap Agency telah memiliki style atau struktur tersendiri dalam pembuatan Contact Report.
"job No" seperti no surat yaitu no pendataan dan penjelasan atas surat ke berapa dan jenis apa.
"Client" ditulis nama client yg sedang ditangani
"Brand" yaitu nama jenis barang atau merek barang yg akan di iklankan
"Date" tanggal pertemuan
"Place" tempat dilaksanakannya pertemuan
"Ref" Refrentasi yaitu orang rang yang hadir dalam meeting / pertemuan
Pada gambar diatas no 1,2 dan 3 dilingkari warna orange adalah contoh dari Creative Brief dari client. Sedangkan no 4 atau dilingkari warna biru adalah kesepakatan tanggal selesainya / penyerahan sebuah konsep dari sebuah iklan.
Upaya dalam pendekatan terhadap konsumen ada beberapa aspek yang harus dicermati sebagai terciptanya sebuah iklan yang efektif, yaitu;
-Ekonomi, pendekatan sebuah produk terhadap pasar dalam tingkatan ekonomi "A" ekonomi atas, "B" ekonomi menengah, dan "C" ekonomi bawah.
-Pendidikan, pendekatan pada tingkatan pendidikan, apakah untuk mereka para mahasiswa, anak sma/smp atau bahkan bagi mereka yang buta huruf sekalipun.
-Gender, pendekatan sebuah iklan yang di khususkan bagi pria/wanita.
-Religi, pendekatan dalam segi spesifikasi pasar dalam agama contoh; penjual kerudung pasti akan menjualan dagangannya pada orang orang muslim.
-Culture/Budaya, pendekatan sebuah produk dari daerah yang berbudaya tertentu. contoh penjualan batik mereka akan melihat pasar dari segi orang orang yang suka dengan batik bukan dari segi pasar mereka yang suka dengan pakaian western.
-Geografis, pendekatan secara geografis yaitu pendekatan terhadap dimana produk yg ingin di iklankan biasa dipergunakan oleh khalayak dalam segi letak geografis. contoh sebuah produk pestisida untuk padi tentunya akan di iklannya pada daerah persawahan atau perkebunan, bukan pada daerah gersang dan kering.
-Usia, pendekatan sebuah iklan pada produk yang lebih ditujukan pada anak-anak, remaja, orang tua, atau mereka yang telah lanjut usia.
Cost /kepala yaitu penghitungan pemasangan iklan yang ditentukan dari berapa banyak orang yang melihat iklan tersebut. contoh dalam iklan biilbaord di sebuah jalan utama tentunya lebih mahal dari pada pemasangan sebuah iklan billboard di jalan umum biasa. itu berbeda karna di tentukan dari seberapa banyak dan mudahnya orang mengetahui sebuah produk dari penempatan space iklan tersebut dan banyak nya orang yang melihat.
Sumber; Materi penjelasan Pak Juli Dodi dosen materi Periklanan minggu ke-3 Di AkommRtvi Global Media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar